Skip to content
Tags

,

Makna Batik

October 10, 2012

Makna Batik

Makna Batik

Apa batik Aku bisa membuat pernyataan bahwa sementara banyak orang tahu atau pernah mendengar tentang kata ini terutama jadi di sini di Malaysia Singapura dan Indonesia tetapi banyak orang tidak atau lebih tepatnya sudah mendapat kesalahpahaman yang salah dari batik itu sendiri.

Dalam diskusi saya dengan teman-teman dan masyarakat umum banyak orang telah keliru batik dengan batik design / desain batik atau kain batik bahkan.

Sejarah mengatakan bahwa batik merupakan kerajinan tua yang tanggal kembali berabad-abad. Batik sebenarnya adalah sebuah teknik yang digambar tangan dan tangan-dicat yang menggunakan lilin.

Lilin adalah bentuk metode melawan dan tujuan dari metode ini adalah agar ketika warna disimpan di tempat tertentu pada kain tidak lari ke bagian lain. Mari kita mengambil contoh – seniman ini akan menggambar motif bunga dan dia ingin misalnya latar belakang biru. motif bunga bunga kuning dengan tangkai hijau .

Sekarang bayangkan bahwa artis akan menggambar pada selembar kain putih. Artis pertama akan menarik garis besar motif mis. bunga amp tangkai dengan lilin. Dan kemudian ia akan mulai melukis dimulai dengan warna kuning dari bunga. Apa lilin dilakukan adalah untuk menahan kuning di tempat sehingga tidak akan lari ke tangkai hijau. Dan ketika ia melukis dengan hijau berikutnya hal yang sama berlaku yaitu hijau tidak akan mengalir ke bunga kuning. Akhirnya dia melukis latar belakang biru.

Dan tentu saja artis nantinya akan harus mencuci lilin dari kain maka meninggalkan bagian yang semula ditutupi dengan malam kembali ke warna aslinya kain putih. Oleh karena itu garis putih untuk motif. Dan itu semua itu adalah makna batik.

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya banyak batik kesalahan orang dengan batik design / desain batik terutama jika mereka melihat motif jenis tradisional atau bunga atau pola pada kain yang memiliki garis putih. Ini mungkin atau mungkin tidak perlu berasal dari teknik batik karena bisa datang dari cetak modern.

Selain itu hanya karena cetakan memiliki motif yang lebih tradisional / pola jangan kesalahan mereka datang dari bentuk seni batik.

Bahkan ada desain yang modern yang sebenarnya terbuat dari teknik batik juga. Tapi orang tidak tahu itu begitu karena tidak memiliki tampilan tradisional dan merasa untuk itu.

Jadi saya saran untuk Anda bahwa jika Anda menghargai seni dan batik khususnya pertama harus menyadari apakah Anda membeli kain benar-benar berasal dari seni batik. Dan kedua untuk berpikiran terbuka untuk merangkul perubahan zaman modern bahwa batik tidak perlu perlu berhubungan hanya untuk motif tua / pola.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: